JURNAL METODE TITRIMETRI PDF

Validasi Metode Analisis Kadar Kalsium pada Susu Segar secara Titrasi Kompleksometri. Jurnal Natural. Vol. 12, No. .. a) Metode asam klorida-natrium hidroksida Sebanyak g umbi menggunakan metode titrimetri sesuai AOAC. (). Metode: Diantara banyak metode kolorimetri yang ada untuk menganalisis gula pereduksi, yang paling pada titrimetri, banyak memakan waktu, sulit.

Author: Akisho Mijind
Country: Zambia
Language: English (Spanish)
Genre: Literature
Published (Last): 16 April 2012
Pages: 375
PDF File Size: 4.70 Mb
ePub File Size: 14.35 Mb
ISBN: 319-4-19904-427-1
Downloads: 53111
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Taktilar

Purwanti Widhy H – staff. Analisis kuantitatif yang paling sering diterapkan yaitu analisis titrimetri.

Prosiding Seminar Nasional Sains Mipa dan Aplikasi (ISBN: 978-602-98559-1-3)

Perlakuan Hasil Larutan asam borat 25 ml Larutan asam borat diencerkan sampai ml 2. Konsentrasi suatu larutan asam atau basa yang anu unknown dapat ditentukan dengan titrasi dengan larutan yang konsentrasinya diketahui.

Pada percobaan kali ini dilakukan dengan tujuan menentukan kadar asam borat. Saat terjadi titik ekivalen, terjadi perubahan warna menjadi merah muda. Pada titik ekuivalen ini, belum terjadi perubahan warna namun ketika mengalami kelebihan larutan NaOH akan terjadi perubahan warna dari bening menjadi merah muda mtode berasal dari reaksi antara kelebihan titran basa dengan indikator fenolftalein.

Setelah proses pengocokan selesai kemudian ditambahkan larutan indikator tiyrimetri sebanyak 3 tetes saja dan kemudian dititrasi dengan menggunakan NaOH.

Salah satu usaha untuk mencapai titik setara adalah dengan melalui perubahan warna dari indicator asam basa. Perubahan warna disebabkan oleh resonansi isomer electron. Maka rata rata volume NaOH yang didapatkan dari proses titrasi tadi adalah 34,8 ml. Untuk melakukan penjaminan mutu analisis, maka proses analisis mulai dari pengambilan sampel sampai pengolahan data harus difahami dengan baik oleh seorang Analis.

Kemudian hal yang dilakukan adalah menambahkan 20 ml gliserin pada larutan yang sudah diencerkan tadi. Pembakuan Pembakuan atau standarisasi adalah salah satu proses yang digunakan untuk menentukan secara teliti konsentrasi suatu larutan Underwood, Zat yang memadai dalam hal ini disebut standar primer.

Reaksi Penetralan Reaksi penetralan adalah reaksi antara aam dan basa yang menghasilkan garam dan air Sridianti, Pembakuan larutan Dipipet 10 ml larutan baku asam oksalat, lalu ditambahkan beberapa tetes indikator fenolftalein.

  IEC 61162 PDF

Hal ini dilakukan karena asam borat yang merupakan zat tambahan yang digunakan sebagai pengawet dalam sediaan sampel harus diketahui kadarnya. Perubahan warna ini disebut titik akhir titrasi. Kosolven dapat meningkatkan kelarutan dan stabilitas suatu bahan. Jika kadarnya berlebih maka akan merugikan dan membahayakan orang yang mengkonsumsi obat tersebut. Bila suatu asam dan suatu basa yang masing-masing dalam kuantitas yang ekuivalen secara kimiawi, dicampur akan dihasilkan suatu reaksi penetralan, yang menghasilkan suatu larutan garam dalam air.

Titrasi merupakan proses penentuan konsentrasi suatu larutan dengan mereaksikan larutan yang sudah ditentukan konsentrasinya larutan standar Syukri, Proses penentuan konsentrasi suatu larutan dipastikan dengan tepat dikenal sebagai standarisasi. Sebaliknya jika digunakan suatu basa sebagai larutan standar, analisis tersebut disebut sebagai analisis alkalimetri.

Pada prinsip nya semua pengenceran dilakukan dengan memakai labu ukur karena dilabu ukur sudah terdapat tanda batas yang mengandung arti sebatas mana aquadest harus ditambahkan. Account Options Sign in. Hal ini dilakukan sebanyak 3 kali karena akan dilakukan triplo. Pada percobaan ini penentuan kadar asam borat dengan metode alkalimetri menggunakan indikator fenolftalein karena penggunaan indikator yang memungkinkan adanya trayek pH nya jauh dari titik ekuivalen.

Indikator adalah zat yang digunakan untuk sinyal ketika titrasi tiba di titik dimana reaktan kimia sama, seperti yang didefinisikan oleh persamaan reaksi. Foto tigas labu erlenmyer Diambil 20 ml gliserin dan Hitrimetri menjadi dimasukkan ke tiap labu tercampur dan harus Erlenmeyer dikocok 5.

Hal ni dilakukan karena penggunaan labu ukur akan lebih tepat dalam penalaran volume. Pada pengenceran zat padat terlebih dahulu diambil zat nya kemudian dicampur dan ditambahkan aquadest sampai tanda batas dilabu ukur.

ASIDIMETRI ALKALIMETRI_KELOMPOK 4.pdf

Karena itu penentuan kadar dengan cara titrasi dilakukan dengan menggunakan larutan baku basa NaOH. Alkalimetri Alkalimetri merupakan penetapan kadar secara kuantitatif terhadap senyawa senyawa yang bersifat asam dengan menggunakan baku basa Gandjar, Untuk itu reaksi harus memenuhi syarat-syarat berikut: Indikator fenolftalein ini mempunyai warna tertentu pada trayek pH atau rentang pH tertentu yang ditunjukkan dengan perubahan dari warna tersebut.

  CATALOGO PANDUIT 2011 PDF

Asidimetri Asidimetri merupakan penetapan kadar secara kuantitatif terhadap senyawa senyawa yang bersifat basa dengan menggunakan baku asam Titrijetri, Larutan standar adalah larutan dengan konsentrasi tepat ditentukan.

Larutan yang akan ditentukan konsentrasinya atau kadarnya, diukur volumenya dengan menggunakan pipet volumetri dan ditempatkan di erlenmeyer Farx, Diambil 20 ml gliserin dan dimasukkan ke setiap labu Erlenmeyer. Hal pertama yang dilakukan adalah mencuci sampai bersih peralatan yang akan digunakan.

Indikator Asam dan Basa tersedia online di http: The designed Micro buret unit contains a 0. Pengenceran adalah proses penambahan pelarut yg tidak diikuti terjadinya reaksi kimia sehingga berlaku hukum kekekalan mol Harjadi, Sehingga proses penentuan kadar ini dinamakan alkalimetri. Pengenceran larutan Larutan asam borat 25 ml diencerkan hingga ml, lalu dipanaskan di atas penangas air sampai terdapat gelembung gas.

Perubahan warna merah muda pada larutan disebabkan akibat adanya kelebihan NaOH pada larutan, sehingga larutan tersebut akan bersifat basa. Sedangkan pada percobaan ketiga didapatkan volume NaOH sebanyak 34 ml.

ASIDIMETRI ALKALIMETRI_KELOMPOK – PDF Free Download

Titrimetrri Borat Ke — 1 35,5 ml 9,2 ml 10 ml 2. It syncs automatically with your account and allows you to read online or offline wherever you are. Alat dan bahan 5. Apabila larutan yang bersifat asam maka analisis yang dilakukan adalah analisis asidimetri. Suatu pengawet dalam sediaan obat harus sesuai dengan kadar yang telah ditetapkan, tidak kurang dan tidak lebih atau jurmal sesuai dengan peraturan yang tertera pada farmakope.

Volume NaOH yang diperlukan untuk titrasi sebanyak 9,87 yang dihitung dari rata-rata 3 kali percobaan. Teori dasar Analisis kimia yang diketahui terhadap sampel yaitu analisis kualitatif dan analisis kuantitatif.

Asam Borat Ke — 2 35 ml 9,7 ml 10 ml 3.